Sabtu, 03 Maret 2012

Bentuk Jaringan Komputer

Bentuk Jaringan Komputer
Jaringan komputer terbagi menjadi 3 bagian jika dilihat dari sisi geografis. adapun bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut :


  • LAN (Local Area Network)
LAN merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup terbatas, meliputi lokasi seperti gedung kampus, kantor, atau pabrik.
Tipe ini banyak digunakan untuk perkantoran, bisnis, laboratorium, dan sebagainya dengan skala kecil seperti warnet, rental komputer, laboratorium komputer, dan sebagainya.
Sebuah LAN dapat dibangun dengan minimal 2 komputer dengan spesifikasi (kapasitas) komputer rendah sekalipun. Adanya LAN akan menjadikan komputer terhubung dengan komputer lain, sehingga komputer tersebut seolah menjadi satu kesatuan dan bisa saling berinteraksi.
  • MAN (Metropolitan Area Network)
Jenis jaringan komputer ini adalah jaringan komputer yang memungkinkan jarak yang cukup jauh. Tipe ini digunakan untuk membangun jaringan komputer antar gedung dalam satu kota atau antarkota yang berada pada jangkauannya. Jaringan ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti perbankan, BUMN, perusahaan penjualan motor, dan lain-lain. 
  • WAN (Wide Area Network)
Jaringan jenis ini merupakan jaringan terbesar karena mencakup radius antarnegara bahkan benua tanpa batasan goegrafis seperti jenis jaringan yang lain. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar