Kamis, 01 Maret 2012

Tari Sekapur Sirih

TARIAN DAERAH JAMBI
Sekapur Sirih
Tari Sekapur Sirih
Tepak Sirih digunakan penari sebagai sambutan  kepada Tamu Agung untuk mencicipi Sekapur Sirih khas daerah Jambi 
Tari Sikapur Sirih Jambi merupakan tarian Selamat Datang atau tari Persembahan Kepada Tamu-tamu Agung di Provinsi Jambi, sebagai wujud rasa menghormati tamu yang datang ke Propinsi Jambi, dan disajikan di awal acara – acara resmi sebagaipembukaan.

Seni tari di Daerah Jambi cukup banyak ragam srta coraknya, dimana pada tiap-tiap daerah mempunyai ciri sesuai dengan keadaan daerah serta suku dalam kelompok masyarakat ada yang bersangkutan. Dari Sekian banyak corak dan ragamnya seni tari daerah Jambi, namun sudah banyak pula yang hampir tidak dikenal bahkan dilupakan oleh lingkungan masyarakat yang bersangkutan. Nah kali ini kita mulai ulas Tari Sekapur Sirih,.

Tari ini diciptakan oleh Firdaus Chatab pada tahun 1962, kemudian ditata ulang oleh OK Hundrik BBA pada tahun 1967. Tari ini digunakan untuk menyambut tamu yang dihormati sebagi ungkapan rasa putih hati dalam menyambut tamu, dan ditarikan oleh penari remaja putri. Tarian Sikapur Sirih memadukan keagungan dalam gerak gerak yang lembut dan halus menyatu dengan iringan musik serta syair yang ditujukan bagi para tamu. Untuk menyambut dengan hati yang putih muka yang jernih menunjukkan keramahtamahan bagi tamu yang dihormati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar